Reviewed by Zaenal Arifin
Tulungagung, 5 August 2013
Buku yang saya share kali ini masih berbau tentang bahasa Inggris, khusunya tentang pendidikan, spesifik lagi ke language assessment. Language assessment itu apa? Dalam bahasa yang singkat saya bingung harus menerjemahkannya bagaimana, yang jelas buku ini membahas banyak hal tentang tes, atau ujian, atau penilaian, terkait kompetensi bahasa sesorang (atau bisa juga disebut siswa).
Buku ini agak berbeda dengan Language Assessment: Principles and Classroom Practice karya H. Douglas Brown (jangan dibaca Haji Douglas Brown, ya). Bila Douglas Brown mendeskripsikan language assessment secara mendasar, Glenn disini lebih menjabarkan hal-hal detail yang lalu disajikan dalam bentuk penjelasan-penjelasan rinci yang terkait dengan language assessment.
Pembahasan dalam buku ini sendiri sebenarnya telah tercermin dalam sub-judul bukunya, Language Testing and Assessment: An Advanced Resource Book, dimana kata 'advanced' tersebut menurut saya bisa difungsikan sebagai possessive modifier (artinya: buku bagi kalangan ahli) yang lalu diartikan bahwa buku ini diperuntukkan bagi kalangan ahli atau expert dalam bidang language assessment. Atau, kata 'advanced' tersebut bisa juga difungsikan sebagai modifier langsung yang menyifati "Resource Book", sehingga bisa ditafsirkan bahwa buku ini adalah buku yang membahas language assessment dalam tataran pembahasan tingkat tinggi (atau tingkat ahli).
Mau ditafsirkan bagaiman pun, menurut saya akan tetap lebih optimal dalam memahami apabila pembaca telah mengetahui hal-hal dasar terkait dengan language assessment.
Buku ini agak berbeda dengan Language Assessment: Principles and Classroom Practice karya H. Douglas Brown (jangan dibaca Haji Douglas Brown, ya). Bila Douglas Brown mendeskripsikan language assessment secara mendasar, Glenn disini lebih menjabarkan hal-hal detail yang lalu disajikan dalam bentuk penjelasan-penjelasan rinci yang terkait dengan language assessment.
Pembahasan dalam buku ini sendiri sebenarnya telah tercermin dalam sub-judul bukunya, Language Testing and Assessment: An Advanced Resource Book, dimana kata 'advanced' tersebut menurut saya bisa difungsikan sebagai possessive modifier (artinya: buku bagi kalangan ahli) yang lalu diartikan bahwa buku ini diperuntukkan bagi kalangan ahli atau expert dalam bidang language assessment. Atau, kata 'advanced' tersebut bisa juga difungsikan sebagai modifier langsung yang menyifati "Resource Book", sehingga bisa ditafsirkan bahwa buku ini adalah buku yang membahas language assessment dalam tataran pembahasan tingkat tinggi (atau tingkat ahli).
Mau ditafsirkan bagaiman pun, menurut saya akan tetap lebih optimal dalam memahami apabila pembaca telah mengetahui hal-hal dasar terkait dengan language assessment.
Berikut saya sertakan pula contents atau daftar isi dari Glenn Fulcher and Fred Davidson. Language Testing and Assessment untuk lebih memberikan gambaran dalamnya.
| 
SECTION A: INTRODUCTION 
Unit A1 Introducing validity 
A1.1 Introduction 
A1.2 Three ‘types’ of validity in early
  theory 
A1.3 Cutting the validity cake 
Unit A2 Classroom assessment 
A2.1 Introduction 
A2.2 Pedagogy and the measurement
  paradigm 
Unit A3 Constructs and models 
A3.1 Introduction 
A3.2 The nature of models 
A3.3 Canale and Swain’s model of
  communicative competence 
A3.4 Canale’s adaptations 
A3.5 Bachman’s model of communicative
  language ability (CLA) 
A3.6 Celce-Murcia, Dörnyei and
  Thurrell’s model of communicative competence 
A3.7 Interactional competence 
A3.8 From models to frameworks: validity
  models and performance conditions 
Unit A4 Test specifications and designs 
A4.1 Introduction 
A4.2 Planning in test authoring 
A4.3 Guiding language versus samples 
A4.4 Congruence (or fit-to-spec) 
A4.5 How do test questions originate?
  Reverse engineering and archetypes 
A4.6 Reverse engineering 
A4.7 Where do test items come from? What
  is the true genesis of a test question? 
A4.8 Spec-driven test assembly,
  operation and maintenance 
A4.9 Towards spec-driven theory 
Unit A5 Writing items and tasks 
A5.1 Introduction 
A5.2 Evidence-centred design (ECD) 
A5.3 Describing items and tasks 
A5.4 Tasks and teaching 
Unit A6 Prototypes, prototyping and
  field tests 
A6.1 Introduction 
A6.2 Prototypes 
A6.3 Prototyping 
A6.4 Field testing 
A6.5 The iterative nature of the process 
Unit A7 Scoring language tests and
  assessments 
A7.1 Introduction 
A7.2 Defining the quality of language 
A7.3 Developing scoring systems 
A7.4 Intuition and data 
A7.5 Problems with scales 
A7.6 Scoring in classical test theory 
A7.7 Reliability 
A7.8 Score transformations 
A7.9 Item response theory 
A7.10 Endowing a score with special
  meaning 
Unit A8 Administration and training 
A8.1 Introduction 
A8.2 Getting things done 
A8.3 Quality management systems 
A8.4 Constraints 
A8.5 Test administration within the ECD
  delivery model 
A8.6 Rater and interlocutor training 
A8.7 Security 
A8.8 Test administration for disabled
  people 
Unit A9 Fairness, ethics and standards 
A9.1 Introduction 
A9.2 Professionalism as a community of
  practitioners 
A9.3 Professionalism and democracy 
A9.4 Consequentialism 
A9.5 On power and pessimism 
A9.6 Professional conduct: standards for
  practice 
A9.7 Responsibilities of language
  testers and their limitations 
A9.8 Accountability 
Unit A10 Arguments and evidence in test
  validation and use 
A10.1 Introduction 
A10.2 Argumentation as solution 
A10.3 The form of an argument 
A10.4 Argument in evidence-centred
  design 
A10.5 Arguments in language testing 
A10.6 Arguments and feasibility 
A10.7 Argument, evidence and ethics 
SECTION B: EXTENSION 
Unit B1 Construct validity 
Cronbach, L. J. and Meehl, P. E.
  ‘Construct validity in psychological tests’ 
Unit B2 Pedagogic assessment 
Moss, P. ‘Reconceptualizing validity for
  classroom assessment’ 
Unit B3 Investigating communicative
  competence 
Canale, M. and Swain, M. ‘Theoretical
  bases of communicative approaches to second language teaching and testing’ 
Unit B4 Optimal specification design 
Davidson, F. and Lynch, B. K. Testcraft:
  A Teacher’s Guide to Writing and Using Language Test Specifications 
Unit B5 Washback 
Alderson, J. C. and Wall, D. ‘Does
  washback exist?’ 
Unit B6 Researching prototype tasks 
Cumming, A., Grant, L., Mulcahy-Ernt, P.
  and Powers, D. A Teacher-Verification Study of Speaking and Writing Prototype
  Tasks for a New TOEFL 
Unit B7 Scoring performance tests 
Hamp-Lyons, L. ‘Scoring procedures for
  ESL contexts’ 
Unit B8 Interlocutor training and
  behavior 
Brown, A. ‘Interviewer variation and the
  co-construction of speaking proficiency’ 
Unit B9 Ethics and professionalism 
Davies, A. ‘Demands of being
  professional in language testing’ 
Unit B10 Validity as argument 
Kane, M. T. (1992). ‘An argument-based
  approach to validity’ 
SECTION C: EXPLORATION 
Unit C1 Validity – an exploration 
Unit C2 Assessment in school systems 
Unit C3 What do items really test? 
Unit C4 Evolution in action 
Unit C5 To see a test in a grain of
  sand... 
Unit C6 Analysing items and tasks 
Unit C7 Designing an alternative matrix 
Unit C8 Administration and alignment 
Unit C9 In a time far, far away... 
Unit C10 To boldly go | 
Download this book here:






 

 
 
 
 
 
 
0 komentar:
Post a Comment