Wednesday 7 December 2016

Cara Mengatasi "Windows 7 Is Not Genuine"


Bila anda membaca artikel ini, kemungkinan anda menjumpai tampilan di bawah ini sesaat setelah setelah anda menyalakan komputer anda.


Yap, itu artinya komputer terdeteksi menggunakan Windows bajakan. Akibatnya, notifikasi itu akan terus muncul setiap komputer dinyalakan, dan desktop tidak bisa diberi wallpaper.

Langsung saja, berikut ini akan saya bagikan cara mengatasi permasalahan tersebut. Dalam cara ini, saya tidak menggunakan aplikasi khusus, melainkan hanya menggunakan utility bawaan Windows, yaitu Command Prompt (cmd) dan Registry Editor (regedit).

Step 1 - Buka Command Prompt

Buka Command Prompt sebagai administrator. Cari di Windows > All Programs > Accessories > Command Prompt. Jangan diklik kiri, tapi klik kanan, lalu pilih Run as adminitrator.

Step 2 - Masukkan Perintah
Ketikkan perintah

SLMGR -REARM

atau

SLMGR /REARM

Bila terdapat masalah dalam mengakses perintah SLMGR, semisal muncul keterangan "slmgr is not recognized as an internal or external command operable program or batch file", maka lakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka Explorer, lalu buka C > Windows > Sytem32, lalu cari file (bukan folder) slmgr.vbs. Bila anda menemukan slmgr.vbs.removewat, maka hapus tulisan .removewat sehingga tinggal slmgr.vbs saja.
  2. Coba lagi Step 2. 
  3. Bila belum berhasil dan terdapat keterangan "Windows script access denied" atau "Windows Script Host access is disabled on your Windows machine", maka aktifkan terlebih dahulu akses ke Windows Script.
  4. Buka Registry Editor (regedit) dengan cara tekan tombol Windows dan R bersamaan, ketikkan "regedit", lalu OK.
  5. Lalu, ikuti jalur berikut ini HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings, double-click pada Enabled, dan ganti angka 0 menjadi 1, lalu OK.
  6. Bila tidak menemukan Windows Script pada jalur tadi, coba cari pada jalur berikut HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings
  7. Coba lagi Step 2.
  8. Restart komputer.

Step 3 - Uninstall Update KB971033
Langkah ini adalah untuk mencegahnya terulang terdeteksi bajakan lagi. Buka Control Panel > Uninstall a program > View intalled updates, klik kanan pada Update for Windows (KB971033).

Step 4 - Non-aktifkan Auto Update
Langkah ini juga merupakan pencegahan. Buka Control Panel dan cari/ketik Windows Update > Turn automatic updating on or off, lalu pada bagian Important updates pilih Never check for updates (not recommended), lalu OK.

Selesai. Dengan cara itu Windows anda tidak terdeteksi bajakan lagi.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...