Friday 12 July 2013

Donald Ary, et.al. Introduction to Research in Education (8th Edition) - Download

Reviewed by Zaenal Arifin
Tulungagung, 12 July 2013


Introduction to Research in Education, karya Donald Ary dkk. Ada yang merasa asing dengan judul buku ini? Bila anda seorang mahasiswa jurusan pendidikan, atau mungkin seorang peneliti di bidang pendidikan, atau bahkan seorang dosen di jurusan pendidikan, seharusnya anda sudah sangat mengenal buku ini.

A Critique
Beberapa kali, atau bahkan sering, saya menemui tulisan ilmiah (baca: skripsi) para mahasiswa yang dalam rujukan di dalamnya bertulisan "Based on Arikunto, ...", atau "Arikunto says that ...", dsb. Sebenarnya bagi saya tidak ada masalah dengan rujukan tersebut, hanya saja, karena terlalu sering menemuinya, saya melihatnya jangan-jangan penulisan rujukan-rujukan serupa tersebut hanyalah hasil dari copy-paste saja, tanpa sebenarnya pernah membaca bukunya, atau bahkan judul bukunya pun mungkin tidak tahu. Loh, jadinya kan lucu?

Hal yang menurut saya lebih ganjil lagi adalah kalau rujukan-rujukan tersebut saya temukan di karya ilmiah para sarjana-sarjana dalam dunia pendidikan bahasa Inggris. Saya tidak mau banyak membahas tentang buku karya Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, namun yang selalu ada di benak saya adalah, "Apakah mahasiswa-mahasiswa tersebut tidak mengetahui referensi lain, yang secara isi bisa dikatakan lebih komprensif?"

About
Lewat postingan saya berikut ini, saya ingin sekedar share wawasan tentang referensi (bukan kelimuannya, ya) dalam bidang penelitian pendidikan, dimana menurut saya buku Introduction to Research in Education ini adalah referensi yang paling komprehensif. Tidak hanya luas cakupannya, tapi juga dalam pembahasannya. Yang saya maksud dengan luas dan dalam adalah bahwa buku ini menjelaskan penelitian mulai dari dasarnya (yaitu berbicara mengenai ilmu pengetahuan), sampai ke penjelasan berbagai macam metode penelitian beserta sub-subnya, juga eksplorasi yang mendalam dari masing-masing point yang ada. 

Sebagai perbandingan, semisal saya bandingkan buku ini dengan buku A, salah satu buku penelitian berbahasa Indonesia yang dilabeli 'best seller'. Secara general, buku A tersebut menjabarkan tentang penelitian pendidikan dengan berbagai metodenya serta beberapa penjelasan penerapannya dalam praktek penelitian. Namun begitu, pembahasan dari masing-masing sub yang ada masih kurang mendalam. Hal ini tentu bisa jadi kurang membantu di saat kita memerlukan penjelasan yang lebih jelas, atau lebih detail tentang suatu metode, ataupun bagian-bagian yang ada di dalamnya. Walaupun kendala pemahaman bahasa bisa jadi sedikit mempesulit pemahaman, namun menurut saya bahasan dalam buku karya Donald Ary dkk. ini tetap lebih mendalam, serta lebih mampu memberikan fondasi pemahaman yang kuat.

Sedikit mengintip isi dalam buku ini, di dalamnya dijabarkan berbagai metode penelitian (kualitatif, kuantitatif, tindakan, ataupun campuran), serta branch desainnya secara mendalam (semisal dalam kuantitaif: experimental dengan berbagai macam disainnya seperti preexperimental, true experimental, quasi, time series, dsb, atau juga nonexperimental seperti correctional,  expost facto, ataupun survey, serta disain dalam kualitatif: basic interpretative studies, case studies, document analysis, ethnography, historical research, grounded theory, narrative inquiry, atau phenomenological studies), juga metode-metode terkait dalam penelitian serta instrumentnya (interview dan macam-macamnya, questionnaires dan macam-macamnya, serta masih banyak lagi) yang semuanya dibahas dengan jelas. 

Berikut saya lampirkan pula content atau daftar isinya dari hasil screenshot.












Ingin tau lebih banyak lagi? Silahkan download saja versi PDF buku Introduction to Reseacrh in Education (8th Edition) lewat link di bawah ini. Sekedar informasi, menurut sepengetahuan saya, ini adalah edisi paling baru dari buku ini (dipublish pada tahun 2010). Bila anda ingin order versi cetaknya, silahkan klik link ini.


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...