Friday 27 September 2013

Katherine Mayberry. Everyday Arguments: A Guide to Writing and Reading Effective Arguments (3rd Edition) - Download

Reviewed by Zaenal Arifin
Tulungagung, 27 September 2013



Introduction
Sangat saya rekomendasikan buku ini bagi yang sedang memerlukan referensi terkait argumentative writing. Lebih dari sekedar pengembangan writing skill, pembaca juga disajikan dengan pemaparan beberapa essay yang juga bersifat argumentative.

How to Argue
Garis besar dalam buku ini adalah pengembangan kompetensi menulis tingkat lanjutan, atau bahkan bisa dikatakan tingkat mahir, mengingat argumentative writing memerlukan lebih dari sekedar kompetensi menulis yang baik namun juga wawasan yang luas, kematangan berpikir serta critical thinking.

Buku ini menjelaskan beberapa patokan yang perlu diperhatikan oleh penulis sebelum mulai menyusun atau mengembangkan argumen. Sebagai gambaran, pada satu sub-chapter dijelaskan tentang pentingnya penyampaian supporting arguments untuk mengembangkan ide dasar serta memperkuat claim atas pandangan penulis.

Menurut saya sendiri, lebih luas dari pengembangan writing skill, buku ini juga bisa membantu pembacanya untuk mengembangkan kompetensi komunikasi yang lain, yaitu speaking. Kenapa begitu? Secara konsep umum, buku ini mencoba untuk memberikan gambaran pola pikir kritis yang lebih terstruktur sehingga seseorang akan mampu mengutarakan critical view-nya secara lebih sistematis. Nha, bila model pola pikir yang seperti itu bisa terus dikembangkan dan benar-benar dikuasai, maka fadzilah-nya tidak hanya akan meningkatkan kemampuan dalam argumentative writing namun juga argumentative speaking.

Supporting Readings

Dalam chapter selanjutnya dalam buku ini juga disajikan beberapa argumentative writing yang sangat bermanfaat serta bisa dibaca, baik sebagai referensi tambahan terkait beberapa topik kontroversial, maupun untuk memberikan gambaran tentang bagaimana mengembangkan sebuah pandangan atau pemikiran menjadi satu claim atau argumen yang efektif.

Download Everyday Arguments: A Guide to Writing and Reading Effective Arguments (3rd Edition) here!

Pesan buku cetaknya disini.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...