Thursday 27 June 2013

Apa Itu Parliamentary Debate?



Prologue
“Oke, sebentar lagi kita akan melihat debate exhibition, jadi para participant silahkan menyaksikan dan mempelajari tentang bagaimana debat dalam lomba ini.”
….
Sekitar 30 menit debate exhibition berlangsung, dan selesai.
….
Seorang guru pendamping dari suatu sekolah berdiri dan mangangkat tangan, mengindikasikan ia ingin mengajukan pertanyaan atau masukan.
“Iya, bapak. Silahkan. Bapak siapa dan dari mana?”
“Iyah, saya Darto Helem dari SMA Zozobibi.”
“Umm, begini. Sebenarnya bukan bertanya, tapi hanya saya kira debatnya itu debate biasa yang kaya’ di TV itu, jadi langsung begitu. Dan terus terang, sebenarnya saya dan murid kamipun juga baru tau kalau debatnya modelnya seperti itu tadi (red: sesuai debate exhibition).”
“Ya, itu saja mungkin.”

----------------------------------------------------------------------------------------------

So, Belum Tau Apa Itu Parliamentary Debate?
Dalam beberapa event lomba debat bahasa Inggris, masih sering saya menemui beberapa peserta yang belum mengerti secara teknis, atau pun sama sekali tentang Parliamentary Debate, padahal dalam event lomba tersebut sudah dijelaskan bahwa lomba debat bersangkutan merupakan English Parliamentary Debate.
Sekilas saja  saya jelaskan disini, bahwa parliamentary debate sangat berbeda dengan debat yang sering kita lihat pada umunya (baca: debat kusir). Apa yang membedakannya? Secara singkat saya menjawabnya “Parliamentary debate adalah model debat yang terstruktur dan sitematis, tidak asal bicara seenaknya.”
Ingin tau lebih banya tentang Parliamentary Debate? Download softcopy hand-out An Introduction to Parliamentary Debate, disusun oleh Arifin untuk praktikum kuliah Parliamentary Debate di IAIN Tulungagung.

----------------------------------------------------------------------------------------------


Click here for soft copy download.

Picture taken from: uedc.wordpress.co

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...