Thursday 27 June 2013

Menyembunyikan File/Folder di PC



Punya file atau document rahasia yang tersimpan di komputer anda? Khawatir kalau sampai dibuka atau dilihat orang? Anda bisa saja menyembunyikannya melalui program-program pengaman folder, semisal Folder Guard atau Folder Lock dengan pengaman berupa password, tapi sebenarnya itu malah mencolok, membuktikan kalau ada yang anda sembunyikan di PC.

Pake 'hiden' option di Explorer? Bisa, tapi masih tetap bisa dimunculkan. 

Sebenarnya ada cara yang lebih simple meskipun untuk sebagian orang bisa jadi agak ribet. Bagaimana caranya? Kita hanya perlu menggunakan CMD.

Apa itu CMD?
CMD atau Command Prompt adalah fitur bawaan Windows untuk melakukan 'command' atau menjalankan perintah-perintah khusus yang biasanya tersembunyi yang diakses melalui MS-DOS (layar hitam). Kira-kira seperti itu simplenya.

Langsung saja langkah-langkahnya:

1.Tentukan folder yang ingin anda sembunyikan.
Semisal saya punya beberapa dokumen skripsi yang tidak ingin dilihat orang lain. Saya menaruhnya dalam folder 'SKRIPSI' dan saya simpan di drive 'D'.

2. Buka CMD.
Tekan 'Windows' + R, atau dari start menu pilih 'Run', lalu ketik 'cmd'. Maka akan muncul layar hitam seperti di bawah ini.

3. Arahkan pada tempat dimana file disimpan.
Karan saya menyimpan folder di drive D, maka saya ketik D: atau Bila file disimpan di drive E, maka bisa kita ketik E: dan sebagainya bila di drive C atau drive lainnya.

4. Perintahnya atau command nya bagaimana?
Untuk menyembunyikan, ketik:

attrib -s -h SKRIPSI

dan, untuk memunculkan, ketik:

attrib +s +h SKRIPSI

'SKRIPSI' bisa diubah sesuai dengan nama folder yang hendak disembunyikan.

NB: Cara ini sangat efektif untuk menyembunyikan folder beserta isinya pada PC dengan OS Windows XP, tapi ketika saya mencoba pada Windows 7, folder atau file isinya tetap bisa ditemukan melalui fitur 'Search', meskipun folder utamanya tetap terhidden.

Selamat mencoba.

Picture taken from: petri.co.il

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...